Rabu, 10 Juni 2015

RAKOR LASKAR SEMERU DI BALATKOP MALANG










Untuk melaksakan rencana kerja yang telah dibuat di Rumah Makan Panorama tanggal 13 Pebruari 2012, maka langkah awal dilaksanakan Rapat Koordinasi (RAKOR)  di Balai Latihan Koperasi milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berada di Karanglo Kabupaten Malang.
Kegiatan berupa pertemuan selama dua hari, yang dipandu oleh fasilitator, dengan alur refleksi perjalanan lembaga, menyamakan pola pikir dan cara lihat atas lembaga, menggali masalah kelembagaan, serta mendiskusikan pedoman / aturan lembaga  yang harapannya mampu menjadikan lembaga lebih kuat dalam melakukan peran pengurangan risiko bencana di kawasan Gunung Semeru.
Kegiatan ini bertujuan antara lain :
·   Menyamakan cara pandang atas keberadaan Laskar Semeru, sehingga tidak menimbulkan perbedaan dalam memahami Laskar Semeru sebagai sebuah lembaga.
·    Menemukan permasalahan yang muncul di lembaga, serta menemukan solusi pemecahannya.
·       Membuat acuan lembaga, yang mampu menjadikan lembaga lebih berperan dalam pengurangan risiko bencana di kawasan gunung Semeru.



Kegiatan ini akan diikuti 40 peserta yang merupakan anggota Laskar Semeru.  Fasilitator kegiatan ini dari Perkumpulan Kappala Indonesia, sedangkan pelaksana kegiatan ini adalah Laskar Semeru.




Kegiatan berupa pertemuan dan diskusi selama dua hari, yang dipandu oleh fasilitator, dengan proses presentasi, brainstorming, diskusi kelompok, dan diskusi bersama, dengan metode pembelajaran orang dewasa, yang mendorong peran aktif semua peserta dengan menghargai kesetaraan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar