Sabtu, 06 Juni 2015

KEGIATAN LASKAR SEMERU



A.    NONFISIK
1.   Peningkatan Kapasitas (SDM) Anggota :
Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kwalitas dan kemampuan pengurus dan anggota yang dilakukan bersama dengan Kappala Indonesia di Gedung Balai Latihan Koperasi milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berada di Karanglo – Malang.

2.   Peningkatan Kapasitas di Masyarakat :
Dalam rangka mempercepat kesadaran masyarakat akan pentingnya meningkatkan kesiapsiagaan di wilayah rawan bencana, maka dilakukan lokal latih di desa-desa se-Kecamatan Pronojiwo, dengan membentuk Tim Siaga Desa, yang berlangsung masing-masing selama 2 hari perdesa.
Selain itu juga sosialisasi dengan pihak terkait yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan kesadaran masyarakat , yaitu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Akademi Perawat Kabupaten Lumajang, Kodim 0821 Lumajang.

1.     Peningkatan Kapasitas di Sekolah :
Pembelajaran akan pentingnya meningkatkan ilmu dan kesiapsiagaan terhadap bencana sangat perlu juga di lakukan di sekolah, sehingga dilakukan pembelajaran bersama dengan pihak sekolah SMP Nusantara yang berada di Desa Oro oro ombo.

2.     Peningkatan Kecintaan Terhadap Alam :
Dalam hal meningkatkan kecintaan terhadap alam maka dilakukan penjelajahan wilayah dan pendakian, sekaligus juga penelusuran gua.



B.   FISIK
1.    Penghijauan .
Gerakan Penghijauan yang dilakukan pemerintah dimana didalamnya ada kegiatan Penanaman satu milyard pohon sangat sesuai dengan keinginan organisasi ini. Sangat penting artinya untuk melakukan penghijauan, selain untuk mencegah erosi dan longsor, menjaga lahan kritis, sekaligus juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.
Dalam hal Penghijauan kami bekerjsama dengan Dinas Kehutanan kabupaten Lumajang, dan kelompok tani yaitu dengan pembuatan bibit tanaman yang kemudian di berikan secara Cuma-Cuma kepada masyarakat.

2.    Pelestarian Sumber Mata Air .
Debit sumber mata air semakin hari semakin mengecil, itulah yang dirasakan oleh masyarakat, sehingga dipandang sangatlah penting untuk menjaga kelestariannya, guna memenuhi kebutuhan masyarakat, baik untuk keperluan sehari-hari dirumah tangga maupun untuk mengolah lahan pertanian serta kolam perikanan masyarakat.
Kegiatan pelestarian sumber mata air ini dilakukan bersama-sama dengan Dinas kehutanan Kabupaten Lumajang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Perum Perhutani, Muspika Pronojiwo dan Pemerintah Desa Oro oro ombo, ORARI dan RAPI Lumajang, serta AKPER Lumajang dan SMA Negeri Pasirian.

3.    Pengendalian Kebakaran Hutan .
Sejak tanggal 2 November 2014, terjadi kebakaran hutan di wilayah lereng gunung Semeru, dan itu berlangsung hingga lebih dari 1 minggu. Baik secara mandiri maupun secara bersama-sama kami lakukan pengendalian kebakaran hutan hingga hari terakhir, agar kebakaran tidak meluas dan merambat ke perkampungan warga sekitarnya.
Dalam hal kegiatan bersama, kami lakukan dengan Perum Perhutani, BPBD Kabupaten Lumajang, Dinas Kehutanan Kabupaten Lumajang, Muspika Pronojiwo dan pihak-pihak laik serta masyarakat.

4.    Pengawetan dan Budidaya .
Untuk mencegah kepunahan dan kelangkaan serta miningkatkan peran serta perempuan dalam pemberdayaan masyarakat maka dilakukan kegiatan kegiatan yang bertujuan seperti hal dimkasud, antara lain yaitu :
1.    Budidaya anggrek lokal, yang pada saat ini sudah sekitar 50 jenis anggrek yang dibudidayakan ;
2.    Pembuatan bibit tanaman buah-buahan ;

5.    Kegiatan Sosial lainnya .
Hal-hal atau kegiatan lainnya yang dilakukan secara swadana dan kegiatan bersama antara lain :
1.    Seminar Nasional Erupsi Gunung Api Semeru ;
2.    Penanganan Erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Malang ;
3.    Simulasi-simulasi Penanggulangan Bencana ;
4.    Pembentukan Desa Tangguh ;
5.    Penanganan Tanah Longsor ;
6.    Bhakti Sosial ;
7.    Penguatan Jejaring Relawan ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar